Thursday, September 23, 2010

Liar demi Dim Sum


Beberapa waktu yang lalu, saya bertemu dengan beberapa mantan rekan kerja saya untuk bersarapan bersama. Saya diberitahu kalau tempat untuk bertemu nanti di Sands, Mangga Dua untuk dim sum. Saya sering mendengar Sands disebut-sebut, tetapi ini menjadi kali yang pertama saya mengunjungi tempat itu.

Karena masa liburan di Jakarta, jalanan menjadi lumayan lowong. Mangga Dua Square sendiri lumayan sepi. Bahkan karena liburan ini, sulit sekali untuk menemukan Sands. Saya harus naik lift, tukar lift, naik escalator, turun tangga dan akhirnya tiba di depan Sands Ballroom.

Saya, yang notabene baru pertama kali mengunjungi Sands, tentu saja bingung melihat keramaian yang ada. Ternyata di hari libur itu, pengunjung Sands malah membludak. Kami harus menunggu sekitar 20menit sebelum kami dipersilakan masuk ke dalam rumah makan tersebut. Begitu di dalamnya, ternyata berada di Sands itu seperti layaknya sedang berada di tengah-tengah acara pernikahan adat Cina. Orang berlalu lalang, ramai dan penuh dengan meja bundar.

Lebih serunya, ketika kereta yang berisi bakul-bakul kukusan dim sum atau gorengan dim sum keluar dari dapur, tiba-tiba semua orang lari meninggalkan mejanya dan mengelilingi kereta tersebut dan tanpa aba-aba, mereka langsung berebut mengambil dimsum. Mungkin di sini letaknya seni menikmati makanan all-you-can-eat.

Untuk porsi all-you-can-eat dim sum (yang mana tersedia juga a la carte), Sands boleh dibilang lumayan. Walau dim sum popular, seperti hakaw atau siumay nyaris tidak pernah terlihat oleh mata, tetapi dim sum pilihan lainnya sangat beragam dan enak.

Setelah beberapa kali saya didahului (baca: disikut) oleh orang lain, bahkan beberapa kali karena tata krama untuk mendahulukan perempuan dan orang tua, saya menyadari saya perlu menjadi agresif dan tentunya strategi. Saya bersama teman saya (yes, you laoshi! HEHEHE) menyusun strategi dengan menentukan jalur terpendek dari meja tempat kami duduk sampai pintu keluar kereta dorong tersebut.

Alhasil, rasanya lebih dari 30 bakul bertumpukan di meja kami dan perut saya sedikit membulat dalam perjalanan pulang. Harga all you can eat per-pax sebelum pajak adalah Rp. 38.800,- pada waktu saya berkunjung.

Sands Ballroom and Dining Theatre
Mangga Dua Square Lt. 5
Jl. Gunung Sahari No. 1, Jakarta
Ph. (021) 6231 2888

1 comment:

  1. Wow! Jangan lupa untuk nyoba 'all you can eat' dimsum yang di Bali ya.
    Eh, di Sands 'all you can eat'nya hanya hari-hari dan jam tertentu atau setiap saat?

    ReplyDelete