Wednesday, June 30, 2010

Gelato Italiano!

Fakta mengenai Pisa Cafe adalah cafe ini sudah berdiri sejak 20 tahun yang lalu tepat akhir bulan April yang lalu. Spesialisasi di makanan Italia, semisalnya beragam jenis pasta, pizza dan pastinya gelato. Pertanyaan teman saya mengenai perbedaan gelato (atau gelati dalam bentuk jamak) dengan es krim sangat mengusik saya. Setelah ber-google, saya menemukan beberapa fakta di bawah ini:
  1. Perbedaan kadar lemaknya, jika es krim terbuat dari susu dan krim, makan gelato hanya menggunakan susu sebagai bahan dasarnya, hingga kadar lemak gelato hanya separuh kadar lemak es krim (bahkan di beberapa depot gelato, dinyatakan bebas lemak)
  2. Tekstur gelato lebih padat daripada es krim. Hal ini dimungkinkan karena proses pengadukan susu (dan krim tersebut). Ini juga yang membuat gelato lebih membutuhkan waktu dalam proses pembuatannya
  3. Suhu penyimpanan gelato lebih hangat daripada es krim, sehingga ketika disajikan gelato tidak sulit untuk dikonsumsi karena faktor dingin.

Ada puluhan daftar gelato di menu Pisa Cafe dan saya percaya masing-masing gelato memiliki kenikmatannya tersendiri. Jika kunjungan saya kali hanya berkesempatan mencicipi 2 dari daftar menu tersebut. Coppa Macedonia yang adalah gelato 3 rasa dengan ditemani potongan buah-buahan seperti melon, pepaya, jeruk dan stroberi. Yang kedua adalah Banana Split dengan gelato 3 rasa juga.

Saya adalah penggemar berat GELATO dan Kafe Pisa adalah firdaus-nya. I hope this line says as much as you need to know about my experience.

Kafe Pisa
Jl. Gereja Theresia No. 1
Menteng, Jakarta Pusat
Phone: (021) 3100149

No comments:

Post a Comment