Monday, February 14, 2011

Soto Sulung Koperia

Bagi saya, bicara tentang soto Sulung adalah bicara tentang nostalgia. Waktu kecil dulu, ayah dan ibu sering mengajak saya makan soto Sulung dan membuat makanan khas Surabaya ini menjadi salah satu makanan favorit saya.

Soto Sulung adalah salah satu jenis soto yang kuahnya tidak bening. Isinya adalah potongan-potongan jeroan (bagian dalam) sapi, seperti babat, usus, paru-paru, dan hati, lalu dipermanis oleh potongan telor rebus. Sangat enak dimakan dalam keadaan panas dan pedas.

Itu juga yang disajikan di Soto Sulung Koperia yang terletak di daerah Radio Dalam ini. Tempatnya yang agak kecil tidak menyulitkan saya untuk menemukannya.

Dari luar rumah makan ini terlihat nyaman. Kacanya yang tertutup rapat dan dilapisi kaca film yang tebal membuat saya berpikir bahwa pendingin udara di dalamnya tentu sangat efektif mendinginkan ruangan. Tapi semua itu buyar begitu saya membuka pintu dan masuk ke dalamnya. Rupanya restoran soto ini tidak dilengkapi pendingin udara walaupun kacanya tertutup rapat tanpa jendela.

Tentang rasa makanannya sendiri, restoran ini tidaklah istimewa. Bahkan boleh dibilang tidak terlalu enak. Kuahnya yang kurang mantap dan jeroannya yang masih alot (kenyal dan susah ditelan) jelas membuat penilaian saya tentang soto di tempat ini tidak menyenangkan. Apalagi ketika saya dihadapkan dengan harganya yang Rp. 21.000,- per porsi (belum termasuk pajak).

Secara keseluruhan tempat ini jelas mengecewakan saya.

Soto Sulung Koperia
Jl. Radio Dalam No.45 Jakarta Selatan
Telpon: 021-7257146 - 08989013365


No comments:

Post a Comment