Monday, February 21, 2011

Swike Purwodadi


Lagi-lagi saya menulis tentang makanan nostalgia. Ya, swike memang termasuk makanan yang sering saya makan ketika masih kecil dulu. Bahkan saya pernah diajak untuk mengunjungi kota Purwodadi untuk makan swike yang asli dari tempat kelahirannya.

Tapi sekarang, tidak perlu jauh-jauh untuk menikmati hidangan kodok dengan rasa kuah yang khas hasil percampuran antara tauco dan bawang putih yang kuat ini. Cukup ke daerah Jakarta Barat saja, tepatnya di daerah Harmoni.

Tempatnya memang tidak terlalu representatif. Lebih mirip garasi daripada restoran. Tapi apalah artinya sebuah tempat kalau memang makanannya enak?! (itu prinsip saya). Di bagian depan garasi/restoran ini hanya ada tulisan kecil di atas sebuah kain yang berkibar-kibar ditiup angin: SWIKE.

Tanpa melihat menu saya langsung memesan swike. Karena itulah makanan yang menjadi spesialisasi mereka. Sebagai tambahan, karena ini di daerah Jakarta Barat, maka saya memesan juga kodok goreng kecap. Yang terakhir itu adalah masakan khas China.

Ketika makanan datang, saya langsung mencobai swikenya terlebih dahulu. Saya sudah rindu untuk ditarik ke kenangan indah masa kecil. Namun sayang, swike di restoran ini gagal memenuhi harapan saya. Kuahnya kurang mantap dan rasa daging kodoknya pun tidak sesegar yang saya bayangkan. Sedangkan untuk kodok goreng kecapnya, rasanya juga biasa saja. Tidak istimewa sama sekali.

Secara keseluruh saya tidak menikmati makan dan makanan di tempat ini.

No comments:

Post a Comment