Monday, March 28, 2011

Soto Mie Atau Bukan Soto Mie?

Keanekaragaman suku bangsa di negara kita tidak perlu dipertanyakan lagi. Keanekaragaman tersebut dapat dilihat dalam berbagai perbedaan bahasa, kebiasaan dan masih banyak lagi. Dalam konteks kulineran, keanekaragaman tersebut sangat menonjol. Bahkan dalam satu jenis makanan dapat diinterpretasikan secara berbeda menurut daerahnya.

Salah satu contoh nyata yang saya alami adalah soto mie. Dalam keterbatasan pengalaman saya, soto adalah kuah yang dibuat dari kaldu dan di beberapa tempat sering kali dimasak dengan menggunakan santan (soto Betawi, misalnya).

Siang itu, saya bersama-sama teman kantor saya menikmati satu jenis soto mie yang berbeda, soto mie Sukabumi. Berbeda dengan soto mie pada umumnya, soto mie Sukabumi lebih menyerupai bakmi Bangka atau Medan.  

Dihidangkan secara terpisah, mie dari soto mie (gambar di atas) terlihat dihidangkan dengan taburan gorengan bawang putih dan gorengan daun bawang. Isi dari Soto Mie Agih terdiri dari bakut, babat dan lobak. 

Buat teman saya, yang lahir dan dibesarkan di Sukabumi, Soto Mie Agih mampu menghapuskan rasa kangen terhadap soto mie Sukabumi yang asli, sedangkan buat saya, Soto Mie Agih menyerupai bakmi bakut. Tapi mungkin itu hanya sebuah nama. Apalah arti sebuah nama, bukan?

Soto Mie AGIH Sukabumi
Jl. Surya Kencana No. 313, Bogor
Phone: (0251) 8328 038

1 comment:

  1. next time kalo ke sukabumi, cicipin juga yang namanya " lomie " dan " mie pengantin " khas sukabumi.....dijamin uenak tenan deh

    ReplyDelete