Monday, November 9, 2009

Sushi Sederhana

Minggu pagi, saatnya mencobai tempat makan baru atau...kreasi makanan baru! Dan minggu ini saya memilih yang kedua.

Kali ini saya akan membuat sushi. Bukan sushi yang susah dan ribet, tapi sushi yang sederhana saja. Sekedar memanfaatkan bahan-bahan yang ada. Kebetulan ketika melongok kulkas, saya masih punya kecap asin Jepang dan wasabi instan, dan ketika melongok lemari persediaan bahan-bahan, saya masih punya nori dan ketan. Jadi rasanya tepat kalau bahan-bahan itu saya campur untuk menjadi sushi.

Perlengkapan membuat sushi: nori, penggulung sushi, dan wasabi.

Pertama saya menanak nasi sushi yang merupakan campuran antara beras dengan ketan. Perbandingannya adalah 2 berbanding 1. Berikutnya sambil menunggu nasi matang, saya menyiapkan isian untuk sushi saya nanti. Saya menggoreng beberapa buah sosis dan chicken stick. Juga memotong-motong succini.

Saat nasi sudah siap, sambil mengipasinya, saya tambahkan campuran air, gula, dan garam. (Gunakan tangan untuk proses ini supaya campuran tersebut merata dan nasi tidak lengket satu sama lain).

Kini saatnya menggulung. Caranya mudah. Taruh lembaran nori diatas batang-batang bambu yang khusus dibuat untuk menggulung sushi atau bila tidak ada, taruh saja di area yang datar seperti talenan. Taruh nasi diatas nori dan ratakan. Sisakan area atas, bawah, dan samping kanan-kiri nori agar saat digulung nanti mudah untuk menangkupkannya. (lihat gambar dibawah ini).


Bila sudah, letakkan isian sushi yang diinginkan ditengah-tengah area ber-nasi tersebut. Tambahkan mayonaise dan saus sambal sesuai selera.

Bila isian yang diinginkan sudah lengkap, maka gulunglah nori dari satu sisi. Angkat sedikit hingga bertemu dengan ujung area ber-nasi, lalu tekan-tekan agar campuran nasi dan isi menjadi padat. Bila sudah, tangkupkan sisa nori diujung lain supaya rapat. Dan jadilah gulungan sushi yang siap dipotong-potong.

Saat menikmatinya, tambahkan wasabi dan kecap asin Jepang.

19 comments:

  1. ahh . . . doumo arigatou gozaimashita..
    bagus,simple,,daan sangat membantu..
    ^_^

    ReplyDelete
  2. ini bisa pke nasi biasa g? soalx d rmh cuma punya itu

    ReplyDelete
  3. @ricchan: kalau hanya nasi biasa...takutnya tidak bisa lengket saat digulung lalu hancur saat dipotong. Jadi sebaiknya memang dicampur sedikit ketan.

    ReplyDelete
  4. kok gak ada takerannya air gula garam seberapa untuk nasi seberapa?

    ReplyDelete
  5. norinya bs beli dmn????????????

    ReplyDelete
  6. untuk takaran air,gula, garam itu secukupnya saja. Pada dasarnya nasi pada sushi kan tidak terlalu terasa manis atau asin, jadi hanya sekedar rasa yang samar-samar saja.

    ReplyDelete
  7. Saat ini nori sudah bisa ditemui di supermarket/hipermarket biasa koq. Tidak perlu sampai ke supermarket khusus makanan Jepang.

    ReplyDelete
  8. harganya nori kira2 berapa ya?

    ReplyDelete
  9. kebetulan kemarin jalan2 dan ngliat harga nori sekitar Rp. 25.000-an. Itu untuk bungkusan berisi sekitar 10-15 lembar nori.

    ReplyDelete
  10. bole tanya gak? beli cetakan2 sushi tu dimana yaa? trus cara make cetakan yang kaya cetakan es baatu itu gimana?

    ReplyDelete
  11. wasabi itu sejenis kacang polong warna hijau bukan??

    ReplyDelete
  12. @etiu: Yang saya tahu, untuk membuat sushi itu pakainya makisu (terbuat dari bambu yang dijalin dengan tali untuk menggulung sushi). Kalau yang pakai cetakan seperti es batu, saya malah belum tau belinya dan cara penggunaannya bagaimana.
    @genta mahaputra: Wasabi yang dipakai sebagai pelengkap makan sushi itu berasal dari akar tanaman bernama latin Wasabia japonica, jadi bukan sejenis kacang polong warna hijau. Kalau yang seperti kacang polong warna hijau dan sering ada di restoran-restoran Jepang itu namanya Edamame.

    ReplyDelete
  13. Wah, terima kasih atas informasi-nya..
    ;)

    ReplyDelete
  14. wasabi it apa ya ? + kalo mw bli apa harus di supermarket khusus mkanan jepang ?
    Thanks :-)

    ReplyDelete
  15. beli makisu dmna yaaa ? or bs dgnti gag dgn alat yg lain apa gtoe?? makasih ^^

    ReplyDelete
  16. @Mathew: Sama2.
    @Swonest: Wasabi itu semacam sambal khusus untuk sushi. Terbuat dari akar tanaman, warnanya hijau, dan rasanya cukup menyengat. Sekarang ini wasabi (baik dalam bentuk tube maupun bubuk) sudah banyak dijual di pusat2 perbelanjaan.
    @Kevin: Makisu biasanya dijual di supermarket2 Jepang.

    ReplyDelete
  17. penggulung sushi itu biasanya dijual dimana dan harganya brapa yacch ???

    ReplyDelete
  18. penggulung nasi namanya sushi mat. bisa dibeli di toko atau olshop yang jual bento tools, mba nurul :)

    tutorialnya simple banget & mudah utk diikuti....
    tinggal praktek^^

    thanks for sharing ya

    ReplyDelete
  19. makasih buat infox..
    infox membantu bgt

    ReplyDelete