Wednesday, May 19, 2010

Shake Please, Don't Just Stir!

Bayangan pertama yang muncul di dalam kepala saya ketika membaca kata sate adalah daging yang dihidangkan dengan tusukan lidi, biasanya dihidangkan dengan bumbu kacang atau bumbu saos padang. Di RM Sate Domba Africa, kata sate tidak sepenuhnya menyangkut daging yang ditusuk dengan lidi tersebut, bahkan persiapannya pun lumayan unik.

Layaknya memesan martini, daging yang dipanggang dikumpul dalam satu panci kecil, lengkap dengan bawang bombay-nya lalu di-shake untuk beberapa waktu lalu dihidangkan di piring kecil. Satu porsi sate daging domba juga tidak terlalu besar.

Saya punya pengalaman kehabisan sate domba dalam beberapa kali kunjungan ke tempat ini, jadi Sabtu lalu, saya sangat berharap untuk dapat mencicipi sate domba Africa, yang konon tingkat korestrol-nya rendah dan daging domba-nya yang garing dan gurih. Saya sebelum mengunjungi RM Sate Domba ini, sempat berpikir kalau laksana kambing, daging domba mungkin akan meninggalkan sedikit wewangian yang sulit dihilangkan.

Ternyata saya salah, tidak tahu apakah karena hasil panggang atau irisan bawang bombay yang menculik wewangian itu, saya menikmati daging domba tanpa ada rasa takut itu. Bahkan potongan-potongan kecil sangat garing dan gurih.

Selain sate domba, menu andalan di sini adalah sate pisang. Yang mana pisang adalah pisang goreng yang kemudian dituang susu dan taburan keju. Buat anda, penggemar kudapan manis, sate pisang ini tak boleh dilewatkan.

Sate Domba Africa
Jl. Prof. Dr. Satrio No. 184 (Casablanca)
Jakarta Selatan
Phone: (021) 5276387

1 comment: